Kapan Saatnya Mengganti Oli Motor?


Mesin pada sebuah motor , Di dalam mesin motor ada aneka macam macam komponen yang bekerja untuk menghasilkan tenaga bagi motor sehingga berjalan dengan baik. Sedangkan oli berfungsi untuk melindungi komponen-komponen tersebut dari proses ukiran yang terjadi di dalam mesin. 

 Di dalam mesin motor ada aneka macam macam komponen yang bekerja untuk menghasilkan tenaga b Kapan Saatnya Mengganti Oli Motor?


Apabila kita tida melaksanakan penggantian oli secara rutin, dapat dipastikan komponen-komponen tersebut akan cepat aus dan mesin dapat rusak. Agar mesin motor tetap sehat dan berfungsi dengan baik, Kaprikornus kapan ganti oli motor sebaiknya?

- Agar mesin lebih infinit dan tahan usang sebaiknya penggantian oli menurut jarak tempuh. Meskipun tertera pada petunjuk pemakaian, biasanya 1.500/km-4.000/km. Untuk jarak tempuh pendek yang satu bulan menempuh dapat mencapa 200-500 km, disarankan untuk mengganti oli setiap 1.5 bulan.

- Sedangkan jarak menengah di atas 500 km per bulan sebaiknya mengganti oli setiap sebulan sekali. Berbeda juga dengan yang jarak tempuhnya jauh sampai 200 km per hari, sebaiknya ganti oli setiap 2 ahad sekali atau setiap 1200 km (untuk oli dengan jarak tempuh 2000 km).

- Gunakan oli yang berkualitas tinggi sesuai dengan spesifikasi mesin motor. Untuk amannya, Anda dapat gunakan oli keluaran dari pabrik motor tersebut.


Semoga dengan penggantian oli yang sempurna ,motor sehat dan performa mesin pun jadi terjaga. Salam tips otomotif 

Related Posts

Kapan Saatnya Mengganti Oli Motor?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini