Tips Membaca Arahan Produksi Aki Mobil

Baterai aki atau accu pada kendaraan beroda empat mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Aki yang sudah mulai habis, biasanya ditandai dengan macetnya proses starter pada ketika kendaraan beroda empat dihidupkan. Apabila sudah ada gejala ibarat ini, sebaiknya cek aki dan segera ganti dengan yang baru.

 Baterai aki atau accu pada kendaraan beroda empat mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah kendar Tips Membaca Kode Produksi Aki Mobil


Agar tidak salah pilih aki mobil, ada baiknya kita mengenal kode produksi aki mobil. Tips ini saya ambil dari otosia.com

Aki yang dijadikan pola yaitu ak dengan merek Global, Delkor, Rocket dan Bosch. Keempatnya aki ini mempunyai kesamaan dalam proses pengkodean aki.

Misalnya, pada bab arahan produksi tercantum JA22G15. Yang mesti kita perhatian yaitu adalah 4 digit terakhir yaitu 2G15.


  • 2 mengatakan tahun produksi yaitu 2012, apabial angka 3 berarti tahun 2013 dan berlaku seterusnya.
  • G menunjukan bulan produksi. Yaitu dengan pengkodean meliputi, A sebagai penunjuk bulan Januari, B yaitu Februari, C sebagai bulan Maret dan seterusnya. Sampai dengan abjad M yang mengatakan bulan Desember.
  • 2 digit angka terakhir menunjukan bulan produksi yaitu tanggal 15. Makara untuk arahan produksi di atas itu berarti aki tersebut dibentuk pada 15 Juli 2012.


Selain itu perlu diingat bahwa arahan produksi sangat penting dalam memilih umur pakai aki khususnya untuk tipe Bebas Maintenance atau MF.

Sebagai catatan, perlu perhatikan kapasitas atau ampere aki, ukuran atau dimensi serta tegangannya. Kapasitas dan tegangan yang lebih besar dapat menjadikan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil.

Related Posts

Tips Membaca Arahan Produksi Aki Mobil
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini