7 Kelebihan Beton Instan Dibanding Beton Konvensional

7 Kelebihan Beton Instan Dibanding Beton Konvensional

Kualitas bahan bangunan adalah hal paling penting bila Anda menginginkan hasil bangunan yang bagus dan tahan lama. Namun deadline pembangunan yang kadang mendesak membuat kualitas tak diperhatikan. Termasuk beton. Oleh sebab itu, Anda bisa pilih beton instan yang sudah terbukti kualitasnya dan tak repot menggunakannya. Apa saja kelebihan lainnya?

1. Proses Produksi Lebih Mudah

Salah satu kelebihan benton yang instan dibanding beton konvensional adalah proses produksinya yang lebih mudah. Beton ini sudah melalui tahap batching plant atau concrete plant menggunakan bantuan mesin canggih dan tenaga profesional sehingga bisa lebih mudah digunakan.

Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air sesuai dengan takaran saja. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dengan proses pengecoran sehingga waktu pembangunan bisa lebih cepat selesai.

2. Bisa Menentukan Kualitas Beton

Selain itu, dengan menggunakan beton siap pakai ini, Anda bisa menentukan mau seperti apa kualitas beton tersebut. Anda harus tahu, tidak semua campuran beton memiliki kualitas yang sama. Bahkan, untuk beton siap pakai. Pada beton siap pakai ini, Anda bisa memilih tiga kelas beton berdasarkan kekuatan dan peruntukannya.

Pertama, beton kelas I yang biasanya digunakan untuk pekerjaan skala kecil seperti membuat rumah sederhana atau ruko. Lalu, ada beton kelas II yang biasanya digunakan untuk pekerjaan struktur seperti lantai, jalan dan pondasi. Terakhir, ada kelas III. Beton ini biasanya digunakan untuk balok dan lantai jembatan, landasan pesawat dan lainnya.

Bila Anda menggunakan beton kualitas III untuk bangunan biasa, memang tak apa. Namun, biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal. Sedangkan bila sebaliknya, malah kualitas bangunan akan lebih rendah. Oleh sebab itu Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Beda dengan beton konvensional yang susah untuk penentuan kualitasnya.

3. Mutu Lebih Terjaga

Kelebihan lain beton instan dibanding beton konvensional adalah mutu yang lebih terjaga. Ini dikarenakan beton yang siap pakai sudah diproses dengan komposisi matrial yang dicampur dan diolah menggunakan mesin canggih. Dengan kata lain, mutu beton ini sudah terjaga sejak awal hingga sampai ke tangan Anda dan siap digunakan.

4. Proses Pengecoran Jadi Lebih Cepat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dengan menggunakan beton siap pakai ini akan membuat proses pengecoran jadi lebih cepat. Sebab, Anda tak perlu lagi mencampur semen, pasir, dan kerikil. Cukup dengan tambahkan air pada beton ini, maka beton tersebut siap digunakan.

5. Fleksibel untuk Berbagai Jenis Bangunan

Selain itu, beton siap pakai ini juga fleksibel digunakan untuk setiap jenis bangunan asal Anda bisa menentukan kelas beton tersebut sesuai kebutuhan. Anda bisa mengecor dak, lantai hingga membuat kolam dan landasan pesawat terbang dengan menggunakan beton ini tanpa harus khawatir kualitasnya yang jelek.

6. Harga Lebih Murah dalam Skala Besar

Keuntungan lain bila Anda memilih beton jenis ini adalah bila membeli dalam jumlah banyak, maka harga yang akan didapat jauh lebih  murah bila dibandingkan dengan beton konvensional. Anda bisa membangun gedung dan lainnya dengan biaya lebih irit. Namun, bila dalam skala kecil, harga beton ini memang lebih mahal bila dibanding beton biasa.

Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli beton siap jadi ini, baiknya perhatikan dulu kebutuhan penggunaannya. Bila Anda menggunakannya untuk membangun satu rumah atau roko, Anda bisa menggunakan beton siap pakai ini. Namun, bila hanya untuk pekerjaan kecil, bisa menggunakan beton biasa.

7. Mudah Ditemukan

Saat ini, beton siap pakai sangat mudah ditemukan. Anda bisa menemukannya di banyak toko material bangunan dengan harga yang terjangkau. Biasanya, beton siap pakai ini bisa Anda temukan di tempat yang jual beton konvensional juga. Kalau begini, Anda bisa menyesuaikan untuk membeli yang mana, ya!

Nah, itulah berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan bila memilih menggunakan beton instan dibanding beton konvensional untuk pembangunan. Saat ini, ada banyak beton siap pakai yang bisa Anda gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Mau banyak atau sedikit, rumah atau hanya cor biasa saja, Anda bisa memakai beton siap jadi ini kapan saja.

Related Posts

7 Kelebihan Beton Instan Dibanding Beton Konvensional
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini