7 manfaat pohon kelapa yang perlu kita ketahui

manfaat pohon kelapa bagi kehidupan sehari-hari
Siapa yang tidak kenal yang namanya pohon kelapa. Yang sering tumbuh di tepian pantai2 terhampar luas tak terhingga. Pohon kelapa ini sangat banyak sekali manfaatnya sampai -sampai dijadikan simbol Pramuka yaitu tunas kelapa yang artinya semua pokok pisang dari akar sampai pucuk kelapa bisa jadi manfaat bagi mahluk hidup.

1. Batang kelapa

Batang kelapa yang umur nya sudah 15 tahun keatas bisa dijadikan sebagai bahan baku properti rumah seperti meja. Kursi. Lemari, dll. Batang kelapa ini juga sering digunakan orng untuk membuat sebuah jembatan darurat untuk penyebrangan karena batangnya yg kokoh bisa menahan beban berton-ton beratnya.

2. Umbut kelapa

Batang kelapa tidak semua bisa dijadikan sebuah properti tapi ujung batang kelapa yang biasa di disebut umbut ini tidak untuk dijadikan bahan properti atau pun bahasa  jembatan, tapi untuk bahan makanan yang enak apabila dicampur dengan santan yang terbuat dari perahan kelapa parut.

3. Daun kelapa kering

Daun kelapa kering sering dimanfaatkan orang-orang jaman dulu untuk membuat sapu lidi. Dan bisa juga untuk tusuk bungkus lontong daun. Seiring berkembangnya jaman sapu lidi yang terbuat dari daun kelapa kering ini sudah mulai susah di cari dipasarkan ataupun di warung. Padahal sapu lidi ini bahan yang murah meriah dengan manfaat yang besar.

4. Daun kelapa muda

Bahan dasar untuk membuat ketupat terutama ketupat Kandangan yaitu daun kelapa yang muda ini yang dianyam sedemikian rupa membentuk seperti ketupat. Ada juga sebagian suku memanfaatkan sebagai hiasan-hiasan atau dekorasi untuk acara besar seperti perkawinan yang di taruh didepan pintu masuk tapi sebelumnya sudah di ayam sebagus mungkin.

5. Mayang kelapa

Mayang kalapa ini tempatnya diujung batang kelapa yang sebelum melakukan pembuahan buah kelapa berupa mayang kelapa. Mayang ini dimanfaatkan orang Jawa  untuk acara-acara adat atau ritual mandi-mandi.

6. Buah kelapa tua

Buah yang tua ini sangat banyak manfaatnya bahkan setiap hari mungkin kita makan dalam berbagai bentuk dan sajian. Yang paling sering dimanfaatkan untuk pembuatan makanan atau kue dimana kelapa tua harus dikupas kulitnya terlebih dahulu dan daging kelapa tuanya di parut dan di ambil santannya untuk jadi bahan dasar makanan.

7. Kelapa muda

Tak asing lagi ditelinga kita. Bahkan di pinggir jalan banyak sekali kita temukan kelapa muda ini. Diolah sebagai sajian minuman segar dengan campuran bermacam rasa. Bisa juga dijadikan obat-obatan atau sebagai pengganti ion tubuh yang hilang.

Sungguh besar peranan kelapa dikehidupan kita, manfaat nya sangat banyak dan hampir seluruh pohon kelapa ini tidak ada yang tidak bisa digunakan, mari kita lestarikan pohon kelapa agar anak cucu kita bisa merasakan manfaat pohon kelapa.

Related Posts

7 manfaat pohon kelapa yang perlu kita ketahui
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini